Fisheries / marine life / MPA

Habitat penting Mrs.S and her baby

Seperti halnya survei SPAG aka survei ikan kawin pada perikanan demersal juga berlaku untuk hiu. Memang tidak semudah itu mengetahui lokasi kawinnya, bahkan saya pun belum pernah liat 😜. Habitat penting hiu disini yang dimaksud lebih kearah dimana anakan hiu diteukan, dimana induk hiu ditemukan dan perkiraan area si hiu akan kawin.

Supaya identifikasinya lebih efektif ada beberapa pendekatan yang dilakukan dengan melibatkan pelaku perikanan dan pelaku industri pariwisata selam untuk mengetahui perkiraan lokasi awal sebelum memulai riset mendalam. Sukur-sukur pas akurat titik kordinat dan waktunya, secara mereka yang paling intens kelaut dan berinteraksi dengan hiu dibandingkan saya yang duduk manis maen hp 😜.

Informasi yang dapat dikumpulkan dari nelayan sebenarnya sangat banyak. Walaupun hiu sudah dalam kondisi mati. Informasi yang dapat diperoleh meliputi: jenis, ukuran/jenis, komposisi jenis kelamin, tingkat pengkapuran untuk jantan,  jumlah dan ukuran anakan jika didapatkan indukan hiu dan jangan lupa dikomparasi dengan Informasi lokasi dan waktu penangkapan, idealnya dapat titik kordinat ketika pengoperasian alat tangkapnya (setting). Jika kita bisa dapatkan informasi tersebut, silakan groundcheck ya 👍

image

Selanjutnya pada industri pariwisata selam, mereka memiliki peran yang ga kalah penting. Selain hiu yang terdata masih sehat berkeliaran, umumnya hiu yang didapatkan merupakan hiu karang. Ada sih beberapa informasi ditemukan hiu macan, hiu tikus dan hiu martil.

Informasi yang dapat dikumpulkan meliputi jenis,jumlah, perkiraan ukuran, pengelompokan hiu dalam jumlah banyak, tanda-tanda khusus seperti warna memucat, ada bekas luka atau perut betina menggendut hingga tingkahlakunya. Informasi ini bisa diintegrasikan dalam divelog mereka. Tentunya banyak data series yang akan didapatkan.

imageDalam mengidentifikasi habitat penting hiu memang perlu data yang series dan panjang.  Setidaknya kita bisa tau tidak hanya perjumpaannya saja, tapi waktu-waktu anakan hiu mulai ditemukan baik yang didaratkan dipelabuhan maupun yang dilaut langsung. Jika sudah ada infonya segera mendorong upaya perlindungan lokasinya. Sayang banget kalau generasi penerus hiu terus dipotong dengan bnyaknya tangkapan anakan. Atau ada informasi dari pelaku wisata atau kita yang pernah ketemu tapi diam saja atau bingung share kemana.

Saat ini Udah ada yang namanya metodologi photo id yang dapat dishare, udah eranya instragamer,fb maupun vlog.  Upload aja kalau ketemu hiu dalam jumlah banyak,anakan atau sedang hamil ya. Kalau ketemu kasih aja hastag #SOSharks. Hehehe promosi🙂. Atau kita bisa share dijalur dan channel yang berbeda. Cheers YG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s