marine life

Nudibranch – A perfect Copycat –

green nudiDiving diakhir tahun lalu bersama teman-teman di Alor, saya sempat mengambil beberapa stock foto jenis nudibranch. Warna dan coraknya yang segar dilihat sangat menggoda para fotografer macro untuk mengabadikannya. Tidak mudah mendapatkan mengingat ukurannya sangat kecil yaitu sekitar 40 sampai 600 mm tergantung jenisnya.

Banyaknya variabilitas kandungan kimia yang terdapat ditubuh nudibranch sesuai kondisi lingkungan dan pola makannya terlepas memang jenisnya bisa mencapai 3000 jenis diseluruh dunia, membuat hewan menarik ini menjadi objek penelitian yang masih banyak perlu dikaji dalam dunia farmasi. Para ahli bioteknologi laut semangat ya🙂. Tidak heran ketika kuliah sempat imintai tolong salah satu dosen saya untuk mengumpulkan sampel nudibranch untuk dianalisa lab. Beliau sangat penasaran untuk mencoba mengekstrasi kandungan hewan ini untuk mendapatkan antibiotik atau kebutuhan medicine lainya. Seperti halnya nudibranch, biota laut pun masih banyak yang belum dipelajari lebih dalam untuk kebutuhan umat manusia.

Ekosistem laut di Indonesia sangat kompleks, variabilitas sangat mungkin terjadi disini, seakan-akan tidak ada habisnya untuk dikaji oleh peneliti lokal maupun luar. Seperti dijelaskan diatas riwayat nudibranch saya yakini pasti berkaitan dengan pola makan dan lingkungan disekitarnya dengan kata lain mereka adalah copycat sejati dari lingkungan mereka.

Mengenal Nudibranch

Dalam mengenali nudibranch ada beberapa ciri khusus yang dimiliki dari genusnya, namun secara umum dibagi menjadi 2 golongan yaitu dorids dan Aeolids. Perbedaannya terletak pada anggota tubuh yang dari tiap golongan tersebut.

  1. Dorids, dikenali dengan insang bercabangnya (branchial (gill) plume yang terdapat di bagian belakang tubuhnya. Jenis-jenis yang tergolong dorids antara lain Anthobranchia, Doridacea atau Doridoidea
  2. Aeolids, dikenali dikarenakan memiliki cerata dibandingkan branchial plume. Jenis yang tergolong Aeloids yaitu Cladobranchia yang beberapa jenisnya memiliki kemampuan menyerap zooxanthella

Untuk lebih menggambarkan perbedaannya, berikut gambar cerata dan Insang bercabang (Branchial gill)

 perbedaan droids dan aeolids

Kemampuan Nudibranch

Nudibranch atau sering kita sebut dengan kelinci laut atau juga siput laut merupakan satu-satunya gastropoda yang tidak bercangkang atau siput tanpa rumah. Tapi bukan berarti hewan ini rentan terhadap predator loh. Banyak keunikan nudribranch sehingga saya menjulukinya copycat, selikana check info dibawah ini:

  1. Nudibranch dapat menyerap racun atau bahan kimia dari makannya untuk diolah kembali menjadi alat pertahanan tubuhnya. Contoh pada jenis Nembrotha kubaryana yang memakan nematocysts (sel penyengat) pada hydroid dan ubur-ubur Jenis nudibranch pemakan sponge juga demikian, mereka mengolah bahan kimianya dan dapt diproduksi untuk melindungi dirinya dengan mengeluarkan muscus atau kelenjar pelindung tubuh ketika terancam. Kemampuan tersebut sering disebut sebagai kleptocnidae. Pasti tau kan dari asal kata dasarnya(1).
  2. Nudibranch dapat juga melakukan mekanisme fotosintesa pada tubuhnya, hal ini dapat terjadi pada beberapa jenis hewan ini yang mengkonsumsi karang dari fillum Cnidaria. Zooxanthella sebagai sel alga tunggal didistribusikan di anggota tubuh nudibranch yaitu disekitar cerata. Mekanisme mutualisme sama hal layaknya karang dalam mendapatkan asupan makanan dari zooxanthella(2).Eating time_nudibranch

Untuk Divers

Yang perlu diketahui oleh diver-diver ketika ingin bertemu dengan mereka yaitu :

  1. Distribusi nudibranch cukup luas, mulai dari daerah pasang surut (intertidal) atau tempat dangkal hingga kedalaman lebih dari 700m. Tips dalam menemukan nudibranch yaitu dibawah batu, didekat makannya seperti sponge dan bryozoans, atau disekitar telurnya yang umumnya mencolok warnanya.
  2. Tidak adanya cangkang yang melapisi kulit nudibranch dengan baik, pastikan tidak menyentuh atau memegang nudibranch ketika bertemu, hal ini dikarenakan kulitnya yang tipis dan lembut, sehingga rentan  kematian jika ditekan
  3. Jika ingin mendapatkan foto stock yang ciamik dan fokus, pastikan memiliki ketenangan tingkat akut, sama seperti objek mikro lainnya. Sabar adalah kunci utamanya (*tidak seperti saya ;p) . Apalagi jika mengambil foto diwall ..grrrr. Bagi ditempat yang dangkal Liat lingkungan sekitar jika kalian ingin merebah atau berpijak pastikan tidak ada karang yang tertendang atau pasir yang terangkat..keruh bo!!

Itu dulu kawan, semoga dengan referensi terbatas, cukup membantu kalian.Cheers (YG)

Refferensi :

(1) http://en.wikipedia.org/wiki/Nudibranch

(2) http://www.fishermenscuba.com/DiveArticles/nudibranches.htm

6 thoughts on “Nudibranch – A perfect Copycat –

  1. mas saya baru saja ditempatkan kerja di kab Alor, boleh g nich saya nimba pengetahuan tentang Alor ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s