MPA / My journey

Survey Reef health di perairan Alor (Part 2)

Serasa sinetron aja nih, pake bersambung segala ^^!. Pokokmen kalie ini gue cerita bagian jalan-jalannya aja ya.

Day 1. Penyelaman site pertama di Pulau Treweng, kami memutuskan mengambil bagian utara untuk titik penyelaman disini. Pertama gue dan mas Iphink snorklingan untuk mencari titik awal transect yang paling memungkinkan dan diusahakan kondisi karang yang terbaik di areal tersebut. Jarak dari titik penyelaman dari bibir pantai sekitar 10m tapi kedalamannya, duh duh..langsung biru. Sekitar 10 menit, kami bilang oke, semua tim penyelaman yang terdiri dari Hisyam dan Husnan sebagai pendata ikan target, lely dan Irvan yang mendata substrat karang, saya menggelar 5 transect (@50m), dan mas ipink bersama mas Vidi mencoba mencari kerapu untuk pendataan SPAG.

Umumnya karang yang ditemui sudah banyak yang hancur, saya belum bisa memastikan penyebabnya nih, namun ketika time swim psa ditanjung banyak didominasi karang meja (Acropora Tabulate/ACT), masih pada sehat bo..seneng liatnya. Wajar mereka sehat karena disitu arusnya ajiebb. Transport nutrien lancar dan sedimentasi yang rendah tentunya mendukung karang bercabang untuk segar bugar hidup disitu.

Arus yang kuat juga menyenangkan bagi ikan-ikan pemakan plankton (planktivore) diperairan ini, bercampur dengan pemakan tumbuhan (herbivore). Untuk petama kalinya saya bertemu dengan Naso minor (Slender Unicorn) disini.Bersama dengan Caesio cuning, Hemitaurichthys polylepis (Pyramid butterflyfish), Acanthurus mata, Achanturus spp. Mereka bergerombolan menjadi satu dalam mencari makan (grazing).

Berbeda dengan jenis-jenis diatas yang saling bekerja sama dalam mencari makan, tipe carnivore, setingkat lebih tinggi dalam jaring makanan seperti kerapu, dengan malu-malunya bersembunyi di dalam karang dan dia memang terbiasa hidup sendiri (soliter). Di site ini kerapu yang saya jumpai jenis Variola louti (Coronation trout) dan tidak ada yg lebih dari 30cm ^^! Sedihnya.

Invertebratanya sendiri gue banyak melihat teripang-teripang warna ungu hi hi..girlynya..bagian punggung hitam dan bagian dasar berwarna ungu. Mungkin dia janda atau duda kalie ye.. kemudian saya ketemu juga sejenis bulu babi namun berjalan sangat cepat..ada yang bisa kasih tau jenis apa ini????.

 
Setelah selesai menggulung transek, kami pun bergegas ke lokasi berikutnya, yaitu Delaki. Melihat lokasi site yang ini lemayan suram juga, dan sangat teramat jelas, bakalan surfing underwater dibawah nih. Tidak ada penduduk disekitar penyelaman kami, lokasi penyelaman ini persis berhadapan dengan laut Sawu

Airnya brrrrrr dingin bo, walaupun gue pake wet suit, jadi berharap gemuk kalie ini ^^!. Ketika diving..wowwww sepertinya daerah ini untouchable, karang keras (hard coral) dan karang lunak (soft coral) saling berkompetisi lahan yang pw (red: posisi wuenak). Untuk karangnya 2 jempol. Namun yang gue bingung, pada kemana ikan-ikannya???.

Ganjil rasanya kalau dalam setiap penyelaman hanya bertemu sedikit biota yang bergerak, kepadatan (densitas) disite ini menurut gue kurang. Kudu cari tau kenapa nih..Rasa kecewa ma ikan sedikit terobati dengan ketemunya Pomachantus semicirculatus (Semicircle anglefish) segede mangkok bakmi jumbo di pasar tebet hee.hee..

Tampaknya gue terlalu banyak menulis yang tidak efektif nih, maap guys..dengan teramat terpaksa saya sudahi dulu..disambung pada log book penyelaman selanjutnya (YG).

3 thoughts on “Survey Reef health di perairan Alor (Part 2)

  1. 🙂 Keren abisss….gak kebanyakan nulisnya ditunggu episode selanjutnya ya😉 hehehehhe.
    penasaran sama2 cerita2 alam bawah laut (#cerita putri duyung kale heheheh😀 ), eksotis dan perlu dijaga keberlangsungan keanekaragaman biota laut utk kehidupan selanjutnya.

Leave a Reply

