Adaptation

Pelajaran dari Implementasi Adaptasi Perubahan Iklim

campaign21Dampak perubahan iklim terus berjalan, berbagai cara dilakukan untuk meminimalisir faktor penyebab perubahan iklim yang terus terjadi. Terdapat beberapa pendekatan yang selama ini sudah diterapkan diberbagai negara termasuk di Indonesia itu sendiri yaitu seperti mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Mitigasi merupakan suatu bentuk upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim yaitu seperti mengurangi penyebab terjadinya perubahan iklim dengan memenimalisir pengeluaran gas rumah kaca (GRK), sedangkan adaptasi justru lebih mengarah dalam mempersiapkan atau menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim yang terus terjadi itu sendiri.
Namun hingga saat ini sudah sejauh mana pengertian masyarakat umum terhadap permasalahan perubahan iklim itu sendiri, apalagi mengenai mitigasi dan adaptasi. Berdasarkan pengalaman saya ketika melakukan implementasi adaptasi perubahan iklim di daerah pesisir desa Bangsring banyuwangi, bukan saja masyarakat yang masih awam mengenai perubahan iklim, melainkan pihak pemerintah daerah juga justru masih salah paham mengenai perubahan iklim itu sendiri.

Isu perubahan iklim selalu menjadi pembahasan oleh berbagai negara baik yang tergabung dalam negara Annex (memiliki kewajiban menurunkan emisi) maupun non annex melalui berbagai konferensi Internasional. Namun sejauh apa hal tersebut sudah dipahami oleh masyarakat luas. Ketidaktahuan ataupun kesalahpahaman tersebut ditakutkan akan menghambat proses implementasi untuk mitigasi ataupun adaptasi kedepannya.
stiker-utama-papib-final1Satu hal yang dapat saya petik dari pengalaman saya dalam menyampaikan isu perubahan iklim didaerah yang tingkat pendidikannya rendah adalah dengan berusaha mengaitkan isu perubahan iklim dengan isue lokal didaerah tersebut, sehingga mereka akan ikut merasakan dampaknya. Kegiatan yang bersinggungan dengan kehidupan mereka tentunya akan mendapatkan perhatian lebih untuk mengikutinya.

Program adaptasi perubahan iklim yang telah diselenggarakan oleh Pelangi Indonesia di desa Bangsring Banyuwangi merupakan suatu bentuk implementasi mengenai adaptasi yang berbasis masyarakat. Program ini berusaha mengurangi tingkat kerentanan masyarakat yang terkena dampak langsung dari perubahan iklim. Kerentanan dalam hal ini dimaksudkan adalah tingkat kesejahteraan mereka, karena jika hal tersebut terganggu maka sulit bagi mereka untuk pulih kembali. Hal ini terjadi pada negara-negara berkembang seperti di Banglades, India, Afrika maupun di Indonesia.

Di Bangsring itu sendiri mayoritas penduduknya merupakan nelayan ikan hias yang bergantung langsung terhadap hasil laut. Oleh karena itu, program ini berusaha mengidentifikasi terlebih dahulu permasalahan-permasalahan yang terjadi dan kemudian mengaitkan isu perubahan iklim dibidang kelautan.

Memprioritaskan permasalahan utama yang terkait dengan kesejahteraan mereka juga merupakan langkah efisien yang memudahkan program ini dapat diterima oleh nelayan ikan hias sebagai target groupnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan daya tahan terumbu karang dari tekanan yang disebabkan oleh faktor manusia (antropogenic) seperti terjadinya praktik penggunaan potasium, penambangan karang dan pemboman ikan yang sering terjadi di desa ini.

Sebagai bentuk adaptasi terhadap nelayan ikan hias yang terganggu mata pencahariannya dikarenakan gelombang besar yang sudah sulit mereka prediksi program ini juga membuat daerah perlindungan laut dikawasan Bangsring. Diharapkan berguna sebagai tempat pemijahan ikan dan konservasi karang didaerah tersebut.

Salah satu bentuk materi campaignTerumbu karangnya sehat, maka jenis ikan hiasnya juga banyak. Slogan tersebut merupakan salah satu bentuk kampanye terhadap adaptasi perubahan iklim dengan turut menjaga kondisi terumbu karang akan turut menunjang mata pencaharian nelayan ikan hias. Jadi ketika gelombang besar datang mereka tidak perlu melaut terlalu jauh, karena restocking ikan karang tersebut terus berlangsung seiring dijaganya daerah perlindungan laut tersebut (YG).

2 thoughts on “Pelajaran dari Implementasi Adaptasi Perubahan Iklim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s