marine life

Ancaman terhadap penyu akibat perubahan iklim

 

Pemanasan global merupakan permasalahan utama dari perubahan iklim yang berdampak besar pada siklus hidup penyu. Biota laut yang termasuk dalam daftar merah hewan laut yang terancam ini sangat dilindungi. Menurut Davenpot (1997) penyu sangat sensitif terhadap pemanasan global mengingat karakteristik siklus hidupnya dipengaruhi oleh temperatur, seperti penentuan jenis kelamin pada embrio penyu, keberadaan sumber makanan dan terlebih lagi penyu mempunyai pertumbuhan rata-rata yang lambat sehinga sangat rentan terhadap ancaman dari lingkungan sekitarnya.

Faktor-faktor perubahan iklim yang berpengaruh terhadap penyu sehingga dapat mengancam keberadaannya, antara lain :

  1. Temperatur

Temperatur merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap semua siklus hidup penyu. Salah satunya adalah dalam hal penentuan jenis kelamin pada fase embrio. Semua jenis kelamin penyu ditentukan oleh ambient dari temperature sarangnya. Dengan suhu rata-rata ~29°C rasio kelamin jantan dan betina berbanding 50:50tetapi jika temperatur tersebut meningkat maka rasio jenis kelamin betina justru akan meningkat (Yntema & Mrosovsky 1982, Godfrey et al. 1999, Booth & Astill 2001b). Hal ini berpotensi dalam mengurangi produktivitas jantan kedepannya.

b.Tinggi Permukaan Laut

Mengingat tempat bertelur penyu berada di pantai dan tidak jauh dari batas permukaan laut, ,memungkinkan rentan terhadap kenaikan tinggi permukaan laut. Kenaikan permukaan air laut akan berdampak semakin terbatasnya tempat bertelur penyu.

c.Badai

Faktor ini berpengaruh langsung terhadap keamanan sarang dari telur penyu karena gelombang tinggi dan hujan besar dapat menghancurkan keberadaaan sarang tersebut. Hal ini dapat menyebabkan sarang menjadi tengelam atau sarang akan terekspos karena pasir terangkat sehingga menguntungkan predator (Milton et al. 1994).

d.Radiasi Ultaviolet (UV)

Hal ini walaupun tidak berpengaruh langsung terhadap penyu tetapi justru akan berpengaruh terhadap sumber pangannya yaitu seperti lamun, alga dan plankton. Peningkatan intensitas radiasi UV bagi komunitas plankton akan berpengaruh terhadap keanekaragaman dan komposisinya (El-Sayed et al.1996),yang dampak jangka panjangnya berpengaruh pada jaring makanan hingga ke penyu. Perubahan pada sumber makanan penyu tersebut tentunya juga akan berpengaruh terhadap populasi dan penyebaran dari penyu.

Ancaman-ancaman yang disebabkan oleh faktor lingkungan tersebut setidaknya kita harus dapat mengurangi atau bahkan menghentikan aktivitas kita yang dapat mengancam keberadaan penyu. Aktivitas yang harus dapat kita kurangi antara lain :

  1. Tidak membuang sampah sembarangan terutama plastik, karena sering dijumpai tukik (bayi penyu) atau penyu dewasa tersangkut oleh sampah plastik ataupun benang pancing.
  2. tidak mengkonsumsi daging ataupun telur penyu dengan alasan apapun
  3. tidak memanfaatkan hasil kerajinan dari penyu
  4. melepaskan penyu yang tidak sengaja tertangkap oleh jaring (bycatch) (YG).

Narasumber :

Hobday, A.J., Okey, T.A., Poloczanska, E.S., Kunz, T.J. & Richardson, A.J. (eds) 2006. Impacts of climate change on Australian marine life: Part A. Executive Summary. Report to the Australian Greenhouse Office, Canberra, Australia. September 2006.

Hobday, A.J., Okey, T.A., Poloczanska, E.S., Kunz, T.J. & Richardson, A.J. (eds) 2006. Impacts of climate change on Australian marine life: Part C. Literature Review. Report to the Australian Greenhouse Office, Canberra, Australia. September 2006.

7 thoughts on “Ancaman terhadap penyu akibat perubahan iklim

  1. Artikel yang menarik.
    Sejak sekarang kita perlu mempersiapkan penyu yang mampu berpoligami, karena kelimpahan jantan akan semakin berkurang dalam 50-100 tahun mendatang.

  2. makasih pa,
    tapi saya blum tau sejauh mana langkah-langkah yang telah diambil sampai saat ini untuk mengatasi hal tersebut. Penyu merupakan salahsatunya, bagaimana dengan biota lainnya.

    sudut pandang perubahan iklim memang sudah sangat crusial untuk segera dimasukkan sebagai salah satu pertimbangan kebikjakan di pemerintah

  3. artikel yg sgt menarik..namun untuk menyedarkan orang ramai tentang pemulihraan dan pengurusan penyu ini bukanlah satu kerja yang mudah..kesedaran itu harus datang sendiri

  4. bagus penyu sekarang populasinya semakin berkurang karena ulah manusia itu sendiri yang membuat bencana

  5. Saya juga sangat menyayangkan sekali Indonesia sebagai salah satu tempat bertelurnya 5 jenis penyu, justru mengekploitasi penyu yang berlebih.

    Dengan tidak membeli produk-produk berbahan dasar penyu seperti souvenir dari cangkang penyu dan tidak mengkonsumsi daging maupun telur penyu menurut saya itu hal kecil yang bisa setiap orang lakukan saat ini

  6. kalo sarang penyu saya ga ada nih..coba ditanya ke milis marine buddies, teman-teman disana mungkin bisa share.
    maap ya, thanx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s