Sea Climate

CO2 dilautan

 

Saat ini konsentrasi Karbondioksida (CO2) di atmosfer sudah hampir mencapai 380 ppm, 80 ppm diatas nilai maksimum konsentrasi di atmosfer pada 740.000 tahun sebelumnya. Sepanjang abad ke 20 hal ini telah berdampak pada naiknya suhu global di laut dengan rata-rata 0,74ºC, kadar pH laut menjadi jauh lebih asam dan hal ini juga menyebabkan konsentrasi ion carbonat dilaut menjadi 210 µmol kg-1, angka ini jauh lebih rendah dari 420.000 tahun yang lalu.

Dampak yang terjadi akibat adanya pengasaman dilaut akibat pH menjadi lebih rendah adalah berkaitan dengan proses terserapnya CO2 kedalam laut yang juga akan berpengaruh terhadap proses pembentukan kapur pada karang, seperti ditunjukan pada gambar dibawah.

acifidication-in-reefHampir 25% sumber CO2 selama ini berasal dari aktivitas manusia seperti industri dan transportasi yang hampir sebagian besar telah terserap di lautan. CO2 yang telah terserap tersebut bergabung dengan air laut sehingga menghasilkan senyawa asam karbonat (HCO3) dan ion Hidrogen (H) yang selanjutnya juga akan berikatan dengan ion karbonat dilaut (CO32-) sehingga menghasilkan asam karbonat juga, oleh karena itu semakin tinggi konsentrasi CO2 maka semakin tinggi juga konsentrasi asam karbonat dilaut yang akan menyebabkan laut menjadi lebih asam (Ascidification) dan juga dapat mengurangi ion karbonat dilaut yang seharusnya digunakan dalam proses pengkapuran dilaut (Calcification) seperti pada karang.

Berkurangnya konsentrasi senyawa karbonat dalam pembentukan kalsium karbonat (CaCo3) dilaut sangat berpengaruh terhadap proses pengkapuran karang, menurut Hoegh,et al, 2007 ada 3 mekanisme karang dalam menerima respon terhadap hal tersebut, yaitu :

  1. karang akan mengurangi tingkat pertumbuhan dan densitas skeletalnya dari koloni karang,
  2. karang kemungkinan tetap mempertahan tingkat pertumbuhannya dengan mengurangi densitas skeletalnya,
  3. karang tetap mempertahankan pertumbuhan dan densitas skeletalnya dengan memfokuskan energi untuk proses pengkapuran (calcification) tetapi efek sampingnya adalah mengurangi proses reproduksinya sehingga dapat menyebabkan berkurangnya jumlah larva yang dikeluarkan karang.

Dampak yang dirasakan bagi kita sendiri dalam jangka panjang akibat pengasaman laut tersebut adalah berkurangnya hasil perikanan laut akibat tingginya tingkat kematian juvenil ikan karang dikarenakan kurangnya tempat berlindung dikarang akibat lambatnya pertumbuhan karang.

Hal yang jelas harus kita lakukan saat ini adalah dengan mengurangi emisi CO2dan dan mengurangi limbah rumah tangga maupun industri yang dapat mempengaruhi kualitas air dilautan yang jangka panjangnya dapat meningkatkan pertumbuhan alga yang menjadi kompetitor karang dilaut (YG).

Sumber : Hoegh et al.2007. Coral Reefs Under Rapid Climate Change and Ocean Acidification. Science: Vol.318. or www.sciencemag.org

5 thoughts on “CO2 dilautan

  1. “mengurangi emisi CO2 dan dan mengurangi limbah rumah tangga maupun industri”
    kalo boleh bilang, mending mas yoga kasih tips yang lebih muadah dilakukan dan bisa dilakukan sendiri, seperti:
    kurangi kentut (becanda ding!!!)
    misal: jangan buang sampah di kali
    pake produk ramah lingkungan
    biasakan jalan kaki.
    eh, mas. postingannya biasa buat bikin tugas kuliah nih…hehe…
    bagus-bagus!
    aku paling suka yang nelayan ikan hias.

  2. lu mentranslate paper pak ove dengan bahasa yg simpel. bagus ga. ayo lagi donk paper2 yg laen sekalian. hehehhehehehehee

  3. waw…banyak paper disini yaks??? lam keunal, gua anak Perikanan UnHas… sekarang lagi nyusun skripsi tentang zooplankton ^_^

  4. lam kenal juga wi..
    anak msdc kah? lam kenal ya buat ketuanya yang sekarang

    ya namanya juga hasrat mo paham can, gue dapet dari sihamo tuh paper2nya
    ove Jr bener dia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s