Adaptation

Program adaptasi perubahan iklim – Bangsring Banyuwangi

Pelangi Indonesia merupakan suatu lembaga non profit yang bergerak dibidang kajian mengenai perubahan iklim, energi dan transportasi.

Saat ini saya sebagai Field officer di lembaga tersebut sedang mengimplementasikan program adaptasi terhadap perubahan iklim di sektor kelautan. Lokasi yang menjadi tempat program ini berjalan terletak di desa Bangsring kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi.

nelayan ikan hias

nelayan ikan hias

Alasan utama kami memilih lokasi tersebut sebagai tempat yang paling ideal untuk penerapan kebijakan adaptasi terhadap perubahan iklim dikarena sebagian besar masyarakat Bangsring hidup bergantung terhadap alam, yaitu potensi laut dan mereka tingkat kesejahteraan mereka rendah, oleh karena itu mereka sangat rentan terhadap terjadinya perubahan iklim.

Faktor tekanan terhadap sumber daya laut juga termasuk tinggi di daerah ini yang disebabkan oleh faktor manusia, yaitu terjadinya penangkapan ikan hias dengan cara yang tidak ramah lingkungan seperti penggunaan potas dan terjadinya pemboman ikan dan juga pengambilan karang untuk bahan bangunan.

Tekanan terhadapa alam (laut) akibat manusia yang dampaknya akan menurunkan sumber kesejahteraan masyarakat, merupakan faktor yang sangat penting untuk ditangani karena kerentanan terhadap kesejahteraan mereka akan bertambah besar seiring dengan terjadinya perubahan iklim yang telah terjadi.

Kondisi sosial dan budaya di desa Bangsring tentunya perlu saya pelajari supaya dalam melakukkan pendekatan masyarakat dapat berjalan lancar dan penyampaian maksud utama program ini dapat dipahami dengan baik.

Program ini kami menargetkan kepada nelayan ikan hias,karena mayoritas pekerjaan utama masyarakat Bangsring adalah sebagai nelayan ikan hias dan bahkan desa ini tersendiri terkenal sebagai pusat dari penjualan ikan hias di Indonesia. Dalam pemberdayaan masyarakat itu sendiri kami bekerjasama dengan Lembaga Pilang yang berdomisili di Sumber Klampok Bali Barat.(YG)

2 thoughts on “Program adaptasi perubahan iklim – Bangsring Banyuwangi

  1. program adaptasi perubahan iklim di bangsring msh berjalan?dan saya bisa menghubungin siapa utk mngetahui tingkat lanjutnya

  2. Untuk pendampingan pihak ketiga dalam program ini sudah diadopsi oleh pihak DKP setempat mba Dewi dan Kelompok binaan Samudera Bakti masih tetap konsisten dalam menjaga laut diwilayah Bangsring melalui DPL yang ditetapkan. Untuk Contact person bisa dihubungi ketua Samudera yang bersangkutan. Beliau aktif di FB malah ^^!. dengan ID : samuderabakti atau ikhwan arief

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s