Climate Change

Perubahan iklim

Perubahan iklim merupakan suatu kejadian global yang sangat mengganggu segala keseimbangan di bumi, hal ini disebabkan karena adanya pemanasan global yang berdampak pada naiknya suhu permukaan bumi, meningkatnya penguapan di udara, perubahan curah hujan,dan tekanan udara yang pada akhirnya akan merubah pola iklim di bumi.

climate change process

climate change process

Pemanasan global atau Global Warming disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) yaitu CO2, CH4, N2O, SF6, HFC dan PFC di udara.Meningkatnya GRK tersebut menyebabkan radiasi matahari terperangkap jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya, oleh karena itu suhu di permukaan bumi menjadi lebih panas. Hal ini umumnya disebut dengan fenomena pemanasan global.

Dampak adanya perubahan iklim ini terjadi di segala belahan bumi, faktor terbesar yang paling mengkhawatirkan di Indonesia sebagai negara kepulauan adalah di bidang kelautan, karena dengan meningkatnya suhu permukaan bumi dapat menyebabkan terjadinya proses pemuaian dan pencairan es di wilayah kutub yang secara luas dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut, terjadinya pemutihan karang (coral bleaching) secara masal, dan saat ini mulai terjadinya proses pengasaman laut (Acidification).

Hal tersebut sangat mengancam masyarakat pesisir yang menggantungkan sebagian besar hidupnya dengan memanfaatkan potensi laut tersebut. Mulai dari berkurangnya luas pantai yang berdampak pada berkurangnya lahan untuk tempat tinggal; tenggelamnya pulau-pulau kecil; berkurangnya hasil penangkapan ikan laut, sehingga dikhawatirkan akan terjadi perpindahan penduduk secara massal.

Dampak lainnya yang disebabkan oleh terjadinya pemanasan global dibidang kelautan adalah terjadinya EL Nino dan La Nina yang merupakan dua peristiwa alam ekstrim yang terjadi sepanjang tahun diberbagai negara akibat bergesernya pola iklim didunia.

6 thoughts on “Perubahan iklim

  1. dari hal yang paling kecil ja gimanah?
    truz dijadiin kebiasaan deh (^-^)
    contohnya…..paan yapz?????
    enggg…kalo mo ke suatu tempat n masi bisa dijangkau dgn jln kaki…kayaknya lebih baek jln kaki ja deh.
    stuju ga sodara2????

  2. Dear atap laut… Untuk menghindari global Iklim di daerah bangsring. Tolong janganlah focus di di Laut Saja. Tanah yg Begitu luasnya Dan Begitu kering membutuhkan penghijauan juga. Give me posted untuk semua kegiatan kalian…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s